Mengupas Sistem Injeksi Untuk Motor cc Kecil . . .YMJET Fi Yamaha

Mengupas Sistem Injeksi Untuk Motor cc Kecil . . .YMJET Fi Yamaha

Mengupas Sistem Injeksi Untuk Motor cc Kecil . . .YMJET Fi Yamaha

Posted by farid, yamaha
Tags: 
trackback

Bro sekalian, setelah DCP-FI dan PGM-FI sekarang kita bahas tentang sistem Injeksi nya Brand garpu tala alias Yamaha yang disebut YMJET Fi atau yamaha Mixture Jet FI.  Denger denger YM JET FI ini memang dibuat khusus untuk motor motor  cc kecil, wabil khusus memang buat SKutik. Secara Umum memang stuktur desainnya nggak jauh beda dengan sistem Injeksi Konvensional dimana fuelpump di ceburin ke tengki bensin dan bensinnya disalurkan ke Injector yang akan menyemprotkan bbm yang dicampur oleh udara yang dihembuskan dari arah throttle body ke ruang bakar.
Namun Yamaha membuat perbedaan mendasar di jalur suply udara. Yamahamembagi dua jalur suply udaraYakni Via pipa kecil yang disebut Air Assist Pasagedan saluran besar Main Air passage. Udara dihembuskan ke ruang bakar via satu diantara kedua jalur ini, tergantung kebutuhan yang dideteksi dari rpm mesin.Tresholdnya sekitar 5 ribuan rpm kalo nggak salah. Jadi jika mesin berjalan dibawah 5 ribuan rpm jalur udara akan melalui jalur kecil Air assist pasage, sedangkan saat lebih dari 5 ribu-an rpm dan membutuhkan power lebih besar, maka udara akan melalui Main asist pasage. . . . jalur kecil lebih irit tentunya
Untuk membagi alur udara ini digunakan kombinasi dua pintu ‘gerbang’ yakni Klep downstream dan klep upstream
ECU dapat mendeteksi besaran RPM motor dari sensor dan Saat rpm dibawah 5 ribuan ECU akan agar klep DownStream nutup dan Klep Upstream tetep kebuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage. Nah baru deh saat gas dibetot, udara masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka . . . Wah  Yang menarik disini adalah yamaha cukup perhatian sama daerah rpm rendah-menengahsampai sampai jalur udaranya dibuatkan saluran tersendiri.
Yup Bro disinilah Kuncinya . . . disinyalir sumber dari keborosan skutik dibanding motor jenis lain adalah di daerah rendah sampai menengah . . . lha coba aja itu kalo di motor bebek dan sport dengan rpm rendah udah bisa jalan . ..  lha kalo Skutik . . . betot dulu lebih dalem dibanding bebek dan sport baru deh itu gear cvt mengunci belt cvt yang terus baru bisa mentransfer tenaga dari Crank case ke roda belakang . . .

Ibaratnya di skutik itu ada pita rpm ‘sia sia’ (mohon maap bila istilah dadakan ini nggak pas ). . . nah buat apa pita’ rpm sia sia’ dikasih suplay udara yang gede . . . yang ada nanti boros  . . . oleh karena itu saat rpm ‘sia sia’ rendah sampai mau jalan saluran udaranya pake yang kecil aja dah biar irit. Udah gitu keiritan ini ditunjang oleh sistem atomisasi dari semprotan bbm oleh Injector yang dibuat sangat kecil hingga menyerupai asap sehingga membuat pembakaran lebih menyeluruh dan sempurna . . . . naaah
sekarang ada yang nanya? Lha itu Vixion yang irit kalo dipake ginian akan tambah irit dong? ha ha ha boleh boleh saja . . . tapi di rpm rendah-menengah saluran udaranya kecil lho . ..  nanti hasil performa vixion di rpm rendah bisa kedodoran kalo begini . . . alias disinyalir nggak ngacir di rpm rendah-bawah . . . mau? Ogah lah pasti he he he. Artinya YMJET Fi memang lebih cucok kalo disandingkan dengan Skutik karena peruntukan efesiensinya jelas dan karena di skutik itu ada ‘rpm sia sia’ yang pas banget disandingkan dengan jalur Air assist passage he he he, silahkan dikunyah kunyah kembali dan semoga Berguna



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 05.22 and have 0 komentar
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar