Kenali Fungsi Cara Kerja Injeksi

Kenali Fungsi Cara Kerja Injeksi

YAMAHA KALTIM : Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik atau sistem EFI terdiri dari dua sistem utama yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara.
a. Sistem Bahan Bakar
Sistem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen sistem bahan bakar terdiri atas:
1. Pompa Bahan Bakar
Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Pompa bahan bakar yang digukanan adalah pompa bahan bakar listrik.
2. Fuel Pulsation Damper
Fuel pulsastion damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.
3. Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injektor-injektor. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan diatur oleh sinyal yang diberikan ke injektor sehingga tekanan harus tetap pada tiap tiap injektor. Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat, tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4. Injektor
Injektor adalah sebua nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol oleh komputer. Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan.
5. Cold Start Injektor
Cold start injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah. Injektor ini dipasang di bagian tengah ruangan udara masuk. Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperatur air pendingin di bahwa 220 celsius.
Jadi jangan salah pilih Motor Injeksi, Hanya Yamaha yang sudah betul betul siap dengan Teknologi tinggi untuk menyambut FI, baru baru ini Yamaha menggelar Workshop FI Injector Cleaner bagi wartawan
Workshop ini bertujuan agar awak media tidak hanya mengenal teori tentang kinerja FI tapi juga terjun langsung layaknya mekanik bersentuhan dengan teknologi canggih pada motor itu. Bagian servis Yamaha mengarahkan bagaimana perawatan FI yang mudah dan murah sesuai konsep FI Yamaha – Mudah dan Murah Perawatannya. Diantaranya penjelasan dan praktek filter fuel pump yang bisa diganti, injector yang bisa dibongkar-dibersihkan-diukur, dan fungsi PEA Carbon Cleaner yang dapat mengurangi kadar karbon. Jenis-jenis FI cleaner Yamaha yaitu injector & tester untuk kota besar, 3M injector cleaner untuk kota biasa dan Yamalube Carbon Cleaner untuk daerah pedesaan. Perawatan berkesinambungan dilakukan untuk menjaga engine performance dan fuel consumption.
Servis FI juga bersentuhan dengan keunggulan “new FI diagnostic tool” yang terdiri dari catatan perawatan seperti medical card untuk merekam dan mencetak data kerusakan, Osciloscope (seperti alat rekam jantung untuk mapping FI Yamaha), data logger untuk merekam kebiasaan konsumen mengendarai motor dan keberadaan ECU yang menyimpan data nomor rangka dan EG.
ini bukti kesiapan YAMAHA INDONESIA menyambut Generasi baru FUEL INJECTION
Salam semakin di depan



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 06.00 and have 0 komentar
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar