CARA MENGATASI YAMAHA MIO-J SULIT HIDUP

CARA MENGATASI YAMAHA MIO-J SULIT HIDUP

CARA MENGATASI YAMAHA MIO-J SULIT HIDUP


Meskipun terbilang jarang terjadi, ada isu di Mio J milik salah satu konsumen saat menservis motornya di bengkel resmi Yamaha Banyuwangi Motor di kawasan Jl. Undaan Wetan, Surabaya. Problemnya sulit hidup, padahal prosedurnya sudah benar, yakni standar samping sudah naik dan tuas rem sudah dioperasikan.

Setelah dilakukan pemeriksaan DTC (Diagnostic Trouble Code) dalam memori yang mesti discan dengan laptop, didapat input kalau mekanis injector tak ada yang memberi sinyal, sedang pengapian bagus. "Sehingga, tahapan mekanis injeksi yang terbagi proses penyemburan gas segar dari injektor dan pengapian jadi kacau. Dan mesin sulit hidup, " terang Adi chief mekaniknya.

Tahu problem yang terjadi seperti ini, pemeriksaan langsung ditujukan pada pick up coil pada rotor magnet yang bersebelahan dengan kipas, sebagai sensor penyampai data putaran mesin ke ECM.

Setelah casing kipas dibuka, ternyata pick up coil dihinggapi kotoran sejenis lumpur. "Dan diindikasi, matic ini sering melewati area banjir, "terang Adi. Ia menambahkan, untuk proses pembenahannya, kotoran yang ada di atas permukaan pick up coil dan fulser, wajib  dibersihkan pakai water proof dan dilakukan bergantian.

Dan kelar pemasangan komponen menyeluruh, mesin baru dapat dinyalakan normal. Maka, penting buat pengguna matik injeksi, setelah melewati banjir, sebaiknya membilasnya dengan air bersih dalam waktu cepat. "Agar, lumpur tak keburu mengering dan menutupi sinyal yang disampaikan pick up coil ke fulser, "saran Adi. | pid



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 05.19 and have 23 komentar

23 komentar:

  1. Kalo motor ane boz. Udah di ganti one way masih ga mau nyala juga boz. Di sela/ stater enteng knp ia boz

    BalasHapus
  2. Kalo motor ane boz. Udah di ganti one way masih ga mau nyala juga boz. Di sela/ stater enteng knp ia boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nmanya loos kompresi , cara penanganannya harus di bongkar &di sekur ulang klep'nya/ klo darurat lubang businya kasih oli

      Hapus
    2. Malam bang aku mau tanya motor mio j ada pengapian kencang retak sama injektor udah di ganti komperensi bagus motor susah hidup kalau di pancing besin baru bisa hidup

      Hapus
  3. Motor mio GT mogok kedipan mil nya 42 apanya ya?padahal kompresi dan pengapiannya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga salah kemaren tuh kode 42 buat sensor kecepatan solusinya ganti kabel speedometer. Kalo mogok saya jg gtu trs saya ke bengkel resmi buat bersihin injektor. Sekarang udh ngga mogok

      Hapus
    2. Bersihin injektor mahal ga mas,kira kira berapa

      Hapus
  4. Mau tanya bos...kenapa motor mio gt saya habis di ganti pompa ijeksi dan injektor nya dgn yg baru tapi tidak ada respon dengungan bunyi di pompa tank tsb..alhasil motor nya tdk bisa menyala...mohon penjelasanya boss

    BalasHapus
  5. Mau tanya bos...kenapa motor mio gt saya habis di ganti pompa ijeksi dan injektor nya dgn yg baru tapi tidak ada respon dengungan bunyi di pompa tank tsb..alhasil motor nya tdk bisa menyala...mohon penjelasanya boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di kabel" nya dlu , jgn asal ganti" siapa tau ada kbel nya yg terkelupas llu nmpel body

      Hapus
  6. Motor Mio G sy ga bisa hidup bos, sebelumnya emang kehujanan ay pake pas hujan , lalu besok nya mesin biasa jalan akan tetapi di tengah jalan mati , mesin ngeberebed dan di gas malah mati,. Di coba bersihkan busi bisa nyala lagi, tapi sekarang ini malah mati total , susah hidup
    Kalo aki emang bagus starter bisa namun mesin ga mau idup, di engkol alias kok starter susah hidup juga,. Itu penyakit nya apa bos , makasih

    BalasHapus
  7. Mau tanya mio j saya pengapian ok injektor pengabutannya ok tapi kok masih tak mau hidup minta pencerahan nya min

    BalasHapus
  8. mti hdup mti hdup mtor sya, ap slah nya ni

    BalasHapus
  9. Motorsaya kalauditarikgas gak keluarminyak dariinjektor apanyatu bos

    BalasHapus
  10. Motor saya Mio j ,motor nyala tp brebet.setelah saya bersih kan injektor nya.fullpump bagus pengapian jg
    bagus.tp malah g mw nyala.

    BalasHapus
  11. Sistim pngapian hdup,aki x ,hdup,busi x,bgus,npa g,hidup y,bos mio j saya,mhon solusi x bos,msih

    BalasHapus
  12. Mohon maaf bukannya sok tau...dari pengalaman sy...pengapian ok.aki ok.busi bagus tp ngk mau hidup..sob coba cek OLI MESINnya.ada atw sdh berkurang..krn rata2 hal ini kurang di pantau.bensin full tp oli mesin x habis...mana mau hidup itu mesin...sob cek kompresi mesin x.pkai stater kakinya klau bocor sprti busi ngk kepasang pdhal busi msh ada di tmpatnya..hal ini dikarenakan oli mesinnya berkurang akibatnya mesin jadi cepat panas (over hot).

    BalasHapus
  13. Motor Mio j saya kelistrikan ok tpi koq gk mau yalah mohon solusix bos

    BalasHapus
  14. Mau tanya bos...kenapa motor mio gt saya habis di ganti pompa ijeksi dan injektor nya dgn yg baru tapi tidak ada respon dengungan bunyi di pompa tank tsb..alhasil motor nya tdk bisa menyala...mohon penjelasanya boss

    BalasHapus
  15. Mio GT Pengapian bagus,kompetensi bagus,pullpam bagus,injektor baru tapi kenapa tak mau menyala bos mohon solusi bos..

    BalasHapus
  16. Gan, saya barusan ganti piston dan bloknya mio j, setelah ganti baru, motor tdk mau hidup, kenapa ya ? pengapian masih ok, injeksi masih ok, mohon solusinya Gan..

    BalasHapus
  17. Maaf numpang tanya bos
    Mio j saya kalau distater gak nyala itu knapa ya bos
    Padahal aki masih ok
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Mau tanya Mio j saya ko di sela brapa kali GK mau nyala ya

    BalasHapus